Kamis, 19 Juni 2014

SEJARAH PIALA DUNIA DAN MASKOTNYA

Demam Piala Dunia 2014 seakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pecinta bola disetiap negeri, apalagi bagi mereka yang mempunyai perwakilan negara yang bertanding diajang sepak bola terbesar didunia itu. Bagaimana tidak olahraga ini diadakan 4 tahun sekali untuk memperebutkan piala bergensi.

Namun banyak mungkin diantara kita yang belum mengetahui kapan dan dimana pertama kali ajang ini diadakan berikut ulasan singkat seputar Piala Dunia.

Piala Dunia FIFA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930, ketika presiden FIFA Jules Rimet memutuskan untuk menggelar turnamen sepak bola internasional. Piala Dunia pertama, diselenggarakan di Uruguay pada 1930, diperebutkan sebagai final turnamen yang hanya terdiri dari 13 tim yang diundang oleh organisasi. Sejak saat itu, Piala Dunia FIFA telah mengalami ekspansi secara berturut-turut dan format yang dibuat ulang untuk saat ini 32 tim final turnamen diawali oleh proses kualifikasi dua tahun, yang melibatkan hampir 200 tim dari seluruh dunia.
SEJARAH PIALA  DUNIA DAN MASKOTNYA
MASKOT PIALA DUNIA




Bercerita tentang Piala Dunia maka tidak terlepas dari maskot dari ajang tersebut,  Maskot adalah salah satu ikon di kejuaraan-kejuaraan seperti Piala Dunia, demikian sejarah maskot piala dunia :

  • Willie adalah Maskot pertama Piala Dunia. Maskot ini adalah maskot dari PD 1966 di Inggris. Menggambarkan Ikon Persatuan Sepakbola Inggris (The Three Lions). Maskot inipun adalah seekor Singa.
  • Juanito adalah Maskot Piala Dunia Tahun 1970 yang dilaksanakan di mexico. Menggambarkan pemain sepakbola asal Mexico karena ia mengenakan Topi Sombrero. Salah satu topi tradisional yang paling terkenal dari Mexico. Juanito berasal dari kata Juan, nama paling umum di Mexico.
  • Tip and Tap adalah Maskot Piala Dunia 1974 di Jerman Barat. Menggambarkan 2 orang Jerman yang saling bertolak belakang penampilannya. Namun selalu bersama. Baju Tip bertuliskan WM yang berarti Weltmeisterschaft (World Cup/Piala Dunia) dan Tap menggunakan baju bertuliskan 74 (1974).
  • Gauchito adalah maskot Piala Dunia 1978 yang diselenggarakan di Argentina. Menggambarkan sosok pemain sepakbola asal Argentina yang Kuat. Ia memegang Cambuk menandakan kekuasaan. Gauchito berasal dari kata Gaucho.
  • Naranjito adalah Maskot Piala Dunia 1982 di Spanyol. Sebuah Jeruk yang menjadi ciri khas Spanyol. Berasal dari kata Naranja yang berarti Jeruk.
  • Pique adalah Maskot Piala Dunia 1986 yang dilaksanakan di Mexico lagi. Ia adalah sebuah Lada Jalapeno yang menjadi ciri khas masakan Mexico. Pique pun menggunakan topi Sombrero. Nama Pique berarti Rempah-Rempah.
  • Ciao adalah Maskot Piala Dunia 1990 di Italia. Ciao berbentuk seperti Stick Figur bercorak Bendera Itali dengan kepala Bola. Ciao adalah kata sapaan di Italia.
  • Stryker adalah Maskot Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Adalah Anjing yang menggambarkan hewan yang umum di AS. Ia mengenakan baju bertuliskan USA 94 (United States of America 1994)
  • Footix adalah Maskot Piala Dunia 1998 di Perancis. Seekor Unggas yang merupakan Simbol Negara Perancis. Footix berbulu Merah Biru yang juga adalah simbol sepakbola Perancis. Namanya adalah gabungan dari 2 kata yaitu Fortmanteau (Football) dan Asterix.
  • Ato, Kaz, dan Nik adalah Maskot Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea. Maskot 3D pertama dalam sejarah Piala Dunia. Berbentuk unik dan berwarna Futuristik menunjukan Piala Dunia sudah melompat ke masa depan. Tidak hanya menjadi maskot, ke3 tokoh ini juga dibuat menjadi Serial Kartun yang diputar hampir diseluruh Dunia (Termasuk Indonesia) selama Piala Dunia berlangsung. Dalam serial kartunnya, ke3 tokoh tersebut tergabung dalam Klub Sepakbola bernama Atomball. Ato diceritakan adalah pelatih, sedangkan Kaz dan Nik sebagai pemain. Piala dunia 2002 juga tidak hanya dimeriahkan dengan Serial Kartun ini. Sebagai Negara Anime, Jepang juga merilis serial “Captain Tsubasa Spesial Piala Dunia”.
  • Goleo dan Pille adalah Maskot Piala Dunia 2006 di Jerman. Goleo adalah seekor singa besar yang mengenakan kaos bertuliskan 06 (2006) dan Pille adalah Bola yang dapat berbicara. Goleo bukanlah Kartun, melainkan seseorang yang memakai kostum. Sedangkan Pille adalah bola biasa yang diberi Efek spesial.
  • Zakumi adalah nama maskot Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Zakumi adalah replika Kartun dari seekor macan tutul Afrika yang lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010.Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas), yang juga menjadi warna dominasi seragam tim Afrika Selatan. 
  • Fuleco Armadillo adalah maskot resmi dari Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. Ini adalah Tolypeutes tricinctus, salah satu spesies armadillo asli Brasil dan dikategorikan sebagai spesies yang rentan pada IUCN Red List,[1] secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari acara hiburan TV Globo Brazil pada 25 November 2012. Penelitian telah mengungkapkan bahwa dia dipandang sebagai karakter menarik berpikir secara luas untuk mewakili kata, 'Brasil', 'Alam', 'Ramah' dan 'Semangat untuk Sepak bola'. Ini adalah portmanteau dari kata Futebol (football) dan Ecologia (Ecology). Nama Fuleco dipilih dari beberapa pilihan seperti, Amijubi (Amizade - Friendship dan Júbilo - Joy) dan Zuzeco (Azul - Blue dan Ecologia - Ecology) oleh lebih dari 1,7 juta penggemar sepak bola. Maskot, dengan sebuah pesannya yang mengandung tentang masalah lingkungan, terkait ekologi dan olahraga yang ternyata menjadi sangat populer dengan tim sepak bola di seluruh dunia.
Sumber : Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar