Rabu, 28 Mei 2014

Mamfaat Ber-Organisasi Dalam Menata Masa Depan

Dalam lingkungan sehari-hari telah dikenal dua jenis metode pendidikan ada yang bersifat formal maupun non formal.

Dalam pengertian wikipedia salah satu situs web terbesar di Dunia menuliskan bahwa pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah yang lahir dan berkembang secara efektif dan efisien dari dan oleh serta untuk masyarakat, merupakan perangkat yang berkewajiban memberikan pelayanan kepada generasi muda dalam mendidik warga negara.

Sedangkan pengertian pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Begitupula peran organisasi sangat penting dalam menunjang kepribadian seoarang anak, dimana kita akan diperhadapkan dengan berbagai karakter dan kepribadian yang ada didalamnya, baik organisasi sekolah, perkantoran dan Ormas dll.

Beberapa ahli mengemukakan tentang organisasi :

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Dalam pengalaman pribadi saya organisasi yang pernah saya jalani, mulai dari organisasi kesiswaan, Religi dan Ormas semuanya memberi kesan yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Dalam tahap berorganisasi kita selalu diperhadapkan dengan berbagai macam masalah dan tentunya kita dituntut untuk pandai-pandai menyelesaikannya. dari proses itulah baik kita menyadari atau tidak proses pendewasaan berjalan.

Berbagai ketakutan datang seiring dengan banyaknya tanggung jawab yang kita terima sambil bertanya-tanya dalam keraguan apakah saya bisa atau tidak. ingat organisasi selalu berorientasi pada kerjasama team (team work).

Mamfaat Ber-Organisasi Dalam Menata Masa Depan
Deklarasi BPK Oi Maros
Organisasi yang pernah saya ikuti :
  • Osis
  • PMR
  • HPM As-Sakinah
  • Ormas Oi
Semoga kedepan akan semakin banyak generasi,bibit-bibit baru yang tumbuh yang berbuat baik tanpa berpikir yang dilandaskan dengan pegangan yang positif.

1 komentar: